-->

FL Studio - Perangkat Lunak Musik Digital

FL Studio - Perangkat Lunak Musik Digital

FL Studio

FL Studio (lebih dikenal sebagai Fruity Loops) adalah sebuah aplikasi untuk komputer yang digunakan untuk merekam, mengubah, dan membuat audio. FL Studio dikembangkan oleh perusahaan asal Belgia bernama Image-Line. Pada tahun 2014, FL Studio termasuk aplikasi audio yang banyak peminatnya di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki 4 edisi untuk Microsoft Windows. Yaitu Fruity Edition, Producer Edition, Signature Bundle dan Groove (Win8). Image-Line juga menawarkan fitur update gratis seumur hidup, yang artinya pembeli akan mendapatkan update FL Studio versi berikutnya dengan gratis. Image-Line juga mengembangkan FL Studio Mobile untuk pengguna IPod Touch, IPhone, IPad, dan Android.

Bagi Sebagian Orang FL Studio Sudah Familiar untuknya, tapi bagi saya lantaran baru kali Musowwir Makeknya, ya musowwir akan mengenalkan FL Studio lebih dalam Lagi.

PERANGKAT LUNAK MUSIK DIGITAL FRUITY LOOP

Pada layar menu utama terdapat fitur posisi di bagian atas, dari sebelah kiri yakni,

A. File

Pada fitur ini terdapat pilihan
  •  New untuk memulai project baru
  • New from templates untuk memulai project baru dengan kriteria genre musik yang sudah disediakan,
    •  Minimal, terdapat beberapa pilihan yakni basic with limiter, basic, club basic, delay and reverb, empty.
    • Other, terdapat patch bank.
    • Utility, terdapat vacoder.


  • Open untuk membuka data project yang disimpan di folder FL9,
  • Save untuk menyimpan data project yang sudah dikerjakan.
  • Save as untuk menyimpan data project yang sudah dikerjakan menjadi file project yang baru dan disimpan ke folder baru.
  •  Save new version, untuk menyimpan data project yang sudah dikerjakan menjadi file project dengan versi baru.
  •  Import untuk mengambil data berupa .mp3/.wav/sejenisnya.
  • Export untuk membuat data project menjadi .mp3/.wav/.ogg/.midi.
  • Recent project untuk membuka data project yang sudah dibuat terakhir kali
  • Exit untuk menutup/keluar software FL9.

B. Edit
Fitur edit berfungsi untuk mengatur komposisi musik yang sedang dikerjakan. Terdapat 
  • Undo, adalah mengembalikan posisi terakhir sebelum dirubah, 
  • Redo, berfungsi kebalikan dengan undo, mengembalikan posisi semula, 
  • Shift left, untuk memindah ke kiri 
  • Shift right, untuk memindah ke kanan 
  • Randomize, untuk mengacak urutan. Send to piano roll, pola aransemen yang sudah dibuat di step sequenser, dipindahkan menuju ruang baru (piano roll).


C. Channel


Di bagian channel terdapat
  • Add one, di dalamnya akan kita temui fitur-fitur seperti Layer, Audio Clip, Automation Clip, Sampler, TS-404 Bassline Synthesizer, Speech Synthesizer, 3x Osc, Autogun, Beepmap, Boobass, Chrome, Dashboard, Directwave, FL Keys, FL Slayer, FPC, Fruty kick, Fruty Dance, Fruty Drumsynth Live, Fruty DX10, Fruty Envelope Controller, Fruty Granulizer, Fruty Keyboard Controller, Fruty Slicer, Fruty Soundfont Player, Fruty Video Player, Midi Out. Item-item tersebut memiliki jenis, karakter dan fungsi berbeda-beda. Akan dijelaskan lebih lanjut pada buku selanjutnya.
  • Clone selected, dengan kata lain mengkloning atau menggandakan pola suara yang sudah diatur/diseleksi di playlist maupun di step sequenser.
  • Delete selected, berfungsi untuk menghapus pola yang sudah diatur/diseleksi di playlist maupun di step sequenser.
  • Move selected up, mengubah posisi ke atas.
  •  Move selected down, mengubah posisi ke bawah.
  •  Group selected, diseleksi dan dikelompokkan ke dalam group
  • Colour selected, diberikan warna sebagai penanda.
  • Zip selected, meminimalis bentuk lebih pipih.
  • Unzip all, mengembalikan bentuk dari pipih ke bentuk semula.
  • Restrech all

D. View



Terdapat 7 bagan yang terdapat di VIEW. Fitur-fitur sebagai berikut:

D.1. Playlist (song)

D.2. Step Sequencer (pattern)

D.3. Piano-Roll (penulisan penempatan notasi)

D.4. Browser (sound source)

D.5. Mixer (pengaturan channel sound)

D.6. Channel settings

D.7. Plugin picker

D.8. Toolbars

D.1 Playlist

Ini adalah tempat untuk menata pola aransemen instrumen (pattern) yang sudah dibuat di piano-roll dalam step sequenser. Disini kita menaruh/menulis pola tersebut dengan membuat gambar berbentuk persegi yang bisa pilih di track/patern di mana saja. Ada dua bagian kolom besar yang bisa dipergunakan, yakni track dan pattern. 

Pertama, di kolom pattern (di bawah track) adalah tempat kita menaruh setiap pattern yang sudah kita buat, lalu kita susun disini. Tampilannya secara visual sederhana yakni berbentuk persegi dan persegi panjang. Dengan satu klik kiri untuk menaruh, klik kanan untuk menghapus, menggeser posisi dengan klik kiri tahan.

Sama halnya di kolom track, kita akan membuat setiap pola komposisi nada dengan bergambar lebih bervariasi dibandingkan dengan di kolom pattern. Secara penggunaannya, di kolom track ini lebih dekat dengan data record analog (data dari rekaman secara langsung sumber suara). Selain itu, penggunaan effect yang dibuat secara manual. 

Paling ujung atas terdapat beberapa icon yang ditampilkan untuk mengedit, yakni (urut dari ujung kiri ke kanan)


D.2. Step sequenser
Kolom ini adalah tempat dimana jenis-jenis suara yang sudah dipilih yang akan digunakan untuk diproduksi (produce). 

Berikut langkah-langkahnya: 
  1. Setelah kita mengetahui dan memilih sound tersebut (pada mouse klik kiri, tahan lalu ditarik ke kolom pattern).
  2. Setelah dipilih, barulah sound diproses (satu kali klik kiri), lalu muncul suatu tampilan baru. Dalam tampilan tersebut berbeda dengan sound satu dengan yang lainnya. Misalkan contoh berikut:


D.3. Piano Roll

Di kolom inilah seorang arranger mengatur nada-nada yang akan dibuat. Secara tampilannya berbentuk kotak dan kolom. Dengan leluasa tampilan bisa diperbesar maupum diperkecil (maximize-minimize). Dengan tampilan 1 birama (bar), not ½, ¼, 1/8, 1/16, sampai dengan yang paling kecil yakni not 1/32. Pilihan lain adalah dengan menggunakan tombol backspace (di keyboard) yang berfungsi untuk memposisikan not lebih bebas tidak tergantung posisi yang tepat.

Dimulai dengan menggunakan simbol pensil, klik kiri pada kolom kecil di bawah, menghasilkan bentuk kotak/persegi, bisa kita atur panjang pendeknya nada (harga nada). Klik kanan untuk menghapus.


D.4. Browser

Pada kolom browser adalah tempat suara (sound bank). Pada kolom ini terletak di sebelah kiri (dan bisa diedit). Tempat ini adalah gudang bermacam-macam suara yang sudah disediakan. Diantaranya suara instrument musik dari beragam karakter suara, soundscape, dan synthesizer. Selain soundbank, juga terdapat pilihan file project, effect mixer, dsb.

Dalam kolom soundbank, pengguna diwajibkan untuk mengecek satu persatu pilihan yang ada, seperti misal suara kick drum, senar drum, hihat, perkusi, piano, bass, strings, gitar, synth, dsb. Pengguna diharapkan untuk mengingat setiap jenis suara, dan menghafal lokasinya (dalam setiap folder).
Pada umumnya sumber suara terletak di folder packs. Kita bisa membukanya dengan satu klik kiri, dan terdapat bermacam-macam item, seperti drumkits 1 sampai dengan 8, guitar, loops, piano, FX, vocals, dan sebagainya.

D.5. Mixer

Kolom ini adalah kerja akhir (finishing) dari hasil sebuah arransemen yakni dengan mengatur dan mengolah suara dengan memasukkan ke dalam channel mixer. Di dalam mixer terdapat 99 channel, setiap saluran (channel)nya bisa dihubungkan dengan salah satu sumber bunyi di kolom pattern.



D.6. Channel settings

Fitur ini adalah tempat mengolah jenis suara. Suara yang sudah dipilih dari browser dan dimasukkan kedalam step sequenser. Dengan langkah satu klik kiri pada sound di step sequenser, akan keluar fitur baru seperti dibawah ini






Pada gambar menunjukkan pengaturan sound di awal, dengan mengubah pan (posisi speaker di tengah atau kiri atau kanan), volume (keras lemahnya suara), pitch (tinggi rendahnya nada), del (memberikan suara gelap-terang), mix (mengkombinasi), remove DC offset, normalize, reverse (membalikkan suara), reverse polarity (membalikkan suara dengan effect khusus), fade stereo (system suara stereo dengan effect panning left-right speaker/posisi perpindahan speaker kiri-kanan), swap stereo (sistem stereo lebih kedalam/surround)

Pada gambar di sampingnya menunjukkan pengaturan instrumen, terdapat pan, vol, cut, rest, pitch. Di bawahnya ada keterangan del (maju mundurnya posisi awal suara), attack (cepat lambatnya gelombang saat on-beat), hold (panjang pendeknya gelombang pertama), decay (panjang pendeknya gelombang setelah hold), sustain (panjang pendeknya gelombang ketiga setelah decay), release (panjang pendeknya gelombang setelah sustain). Di bawahnya lagi terdapat pengaturan pilihan gelombang yakni saw, sine, squere, dan LFO. Selain itu Adapun pengaturan filter (menyaring) seperti modx dan mody.

D.7.  Plugin picker

Di fitur ini ditampilkan bermacam-macam jenis suara (generators) dan effects yang sudah dikelompokkan. Kita tinggal memilih dan menarik (pick and drag) kedalam Step sequenser. 



Dalam toolbar terdapat fitur yakni: 

- Transport panel 
Difungsikan untuk menge-play / memainkan dari pattern atau song. Terdapat pengaturan tempo / BPM (beat per minutes). 


- Output monitor panel 
Ini adalah gambar gelombang suara dari output. 

- CPU panel 
Ini adalah gambar daya yang dihasilkan dari project saat bekerja. 


- Shortcut panel 
Ini adalah jalur singkat untuk membuka fitur utama, yakni Playlist, Step sequenser, Piano roll, Browser, Mixer. 


- Extra shortcut 
Terdapat fitur undo, save audio as, render as audio file, open (new) audio editor, one click audio recording, view project info, help/about.


- Recording panel
Terdapat typing keyboard to piano keyboard, countdown before recording, blend recorded notes with exiting data, loop record/ enable overdub, enable note/ clip group, metronome, wait for input to start playing, step editing mode, scrolls to reach time markers, multilink to controllers. 


- Time panel 
Fitur ini berfungsi untuk mengetahui durasi atau waktu yang dibutuhkan secara keseluruhan.


- Online panel 
Fitur ini menghubungkan dengan jaringan internet. 


- Hint bar 
Fitur ini menampilkan bentuk visual secara jelas, dari penunjuk cursor (icon panah dari mouse)


E.    Option

Di fitur ini kita temui beberapa kelompok, yakni:
E.1. System, di dalam system terdapat midi settings, audio settings, general settings, file settings.
E.2. Project, terdapat project info dan project general settings.
E.3. Midi, terdiri dari fitur yakni enable MIDI remote control, enable MIDI output, enable MIDI master sync.
E.4. Switches, memiliki fitur di antaranya, typing keyboard to piano, metronome, recording precount, start on input, blend recorded notes, step edit, loop record, auto scrolling, enable groups, multilink to controllers.

F. Tools

G. HELP
Di dalam help, kita temukan contents, product information, paste registration key, register access to web site, create your own (music) web site, deckadance DJ Mixer homepage, drumsynth homepage, FL studio diagnostic tool, FL studio homepage, FL studio tutorials, Image-Line homepage, softvoice text-to-speech homepage, sytrus synthesizer homepage, about.

Ok Cukup sekian Pengenalan FL Studionya, atau biasa di sebut Fruty Loop. Semoga bermanfaat dalam pelajaran. Amiin Ya Rabb.
Assalamu'alaikum








 













 










Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW