-->

JENIS LAYANAN CLOUD COMPUTING DAN CONTOHNYA

JENIS LAYANAN CLOUD COMPUTING DAN CONTOHNYA
Layanan cloud computing dibagi menjadi 3 bagian berdasar apa yang dijadikan sebagai layanan. Adapun ketiga layanan tersebut adalah:

Infrastructure as a Service (IaaS)

IaaS adalah sebuah model layanan dimana penyedia cloud menyediakan hardware / perangkat keras (komputer server, penyimpanan data, jaringan, dll) untuk pelanggan. Manajemen perangkat keras menjadi tanggung jawab penyedia layanan, dan pelanggan mengontrol operating system serta aplikasi yang diinstal ke dalam server.

Beberapa contoh layanan IaaS:

BIZNET “GIO CLOUD”

Pada tanggal 22 September 2014, PT. Biznet GIO Nusantara atau Biznet GIO, sebuah joint venture antara Biznet Networks dan Internet Iniatiative Japan Inc, secara resmi memperkenalkan GioCloud dan Gio Enterprise Cloud, yang merupakan layanan public cloud berjenis IaaS yang elastis, menawarkan skema bayar per jam penggunaan, yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia.

Layanan di mana kita dapat menyimpan dan mengakses data secara aman melalui internet bukan hard drive komputer (elastis), dan juga GIO cloud menyediakan pengembahan aplikasi web, eksekusi platform sebagai bagian dari platform as a service dan masih banyak layanan yang dapat di gunakan.

Daya saing Biznet GIO Cloud terletak pada kemampuannya menggabungkan keunggulan jaringan, pusat data, dan infrastruktur Biznet Networks (memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia) serta kepiawaian Internet Initiative Japan Inc (IIJ adalah perusahaan terdepan di Jepang dalam layanan cloud).

Softlayer


SoftLayer sebuah perusahaan anak IBM, menyediakan infrastruktur cloud dan menjualnya sebagai jasa penggunaan jaringannya data-center yang terus berkembang dan tersebar di seluruh dunia.

SoftLayer menyediakan cloud yang sangat cepat untuk data yang sangat besar, jasa marketing digital, e-commerce, jasa gaming, cloud pribadi, dan hosting untuk reseller.

SoftLayer merupakan salah satu perusahaan pioneer dalam menggunakan integrasi network-within-a-network untuk akses data yang sangat cepat dan tentunya aman. Jaringan tersebut merupakan jaringan global dan anda sebagai pelanggan bisa mengubahsuai penggunaan firewall dan banyak opsi keamanan lainnya.

Jasa dari Softlayer beberapa diantaranya adalah Cloud Server dan Cloud Storage.

Rackspace Cloud

Rackspace merupakan perusahaan yang menyediakan layanan terbaru dengan teknologi yang lebih baik dari sebelumnya. Rackspace menggunakan teknologi OpenStrack yang memberikan layanan cloud lebih berkualitas. Cloud merupakan salah satu bagian dari proses pengembangan bisnis. Bagi perusahaan pastinya mereka ingin menggunakan teknologi terbaik untuk membantu proses bisnis yang dijalankannya.

Jadi, cloud atau koneksi internet menjadikan Anda jauh lebih mudah dalam pengembangan bisnis. Banyaknya pengguna layanan cloud saat ini menjadikan perusahaan co-founder Rackspace cloud memberikan layanan terbaru yang jauh lebih sempurna dari layanan yang diberikan sebelumnya. Anda bisa melihat bagaimana perkembangan teknologi yang digunakan masing-masing perusahaan dan semua itu memang banyak menggunakan basis internet. Rackspase terus meningkatkan rackspase cloud dengan meningkatkan basis layanan seperti halnya database, storage dan juga jaringan.

PLATFORM AS A SERVICE (PAAS)

PaaS adalah model layanan yang menyediakan semua hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan / develop sebuah aplikasi pada cloud. PaaS menawarkan fasilitas untuk mengembangkan, testing, deployment, hingga maintenance aplikasi tanpa harus membeli infrastruktur dan software environment (Operating System).

Beberapa contoh layanan PaaS:

Windows Azure

Windows Azure adalah sistem operasi yang berbasis komputasi awan, dibuat oleh Microsoft untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsoft Data Centers. Windows Azure yang mendukung berbagai macam bahasa dan alat pemograman. Sistem operasi ini dirilis pada 1 Februari 2010.

Fitur-fitur Windows Azure
  • Layanan Infrastruktur :Windows Azure menyediakan infrastruktur dengan skala yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dalam membuat aplikasi baru atau menjalankan aplikasi yang telah disediakan.
  • Kembangkan dan Lakukan Percobaan: Windows Azure memungkinkan pengguna untuk melakukan pengembangan aplikasi dan langsung melakukan percobaan pada aplikasi tersebut secara cepat.
  • Big Data: Windows Azure menyediakan kapasitas data yang besar. Kapasitas ini didukung oleh Apache Hadoop, dsb.

Heroku


Heroku adalah sebuah cloud platform yang menjalankan bahasa pemrograman tertentu, Heroku mendukung bahasa pemrograman seperti Ruby, Node.js, Python, Java, dan PHP.

Manfaat menggunakan Heroku adalah layanannya yaitu menjalankan script app langsung tanpa memerlukan setting yang sangat rumit. memungkinkan pengembang aplikasi menghabiskan 100% dari waktu mereka untuk kode aplikasi mereka,sehingga tidak mengelola server, penyebaran, operasi yang sedang berlangsung, atau scaling.

Layanan yang memungkinkan pengguna bisa menyewa “alat” beserta komponen pelengkapnya (sistem operasi, network, database engine, framework, dan sebagainya) untuk menjalankan aplikasi yang telah dibuat. Oleh karena itu, pelanggan tidak perlu repot untuk menyiapkan “alat” dan melakukan pemeliharaan yang sudah menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.

Harga Heroku didasarkan pada sumber daya yang Anda gunakan. Skala dynos yang anda gunakan, pilih database, dan penggunaan Add-ons. Apa pun yang Anda butuhkan.

Fitur yang disediakan : Add-ons,Buildpacks,konfigurasi,git Deploy, Heroku Fork, Pers.

Engine Yard


Penyedia PaaS ini sudah mempunyai banyak client yang artinya mereka sudah terpercaya dengan track record yang baik dalam sektor PaaS. Salah satu alasan mengapa mereka sukses karena menggunakan model company tailors yang dapat membuat pengguna lebih leluasa dalam mengelola resources. Ini solusi yang bagus dibanding opsi lainnya. Slogan mereka adalah “Kami membantu, mengoptimasi dan memelihara teknologi yang pre-integrated, pre-tested untuk aplikasi PHP, Ruby, Node.js, dan aplikasi server, yang dihosting, dan menggunakan database lokal. Dan tersedia fitur monitoring yang built-in dan manajemen proses, juga mengoptimasi distribusi Linux dan masih banyak lainnnya”

Mereka mempunyai dukungan untuk AWS dan Azure untuk distribusi, yang mampu menutup porsi besar dalam pasar. Salah satu keuntungan mereka adalah dapat menjalankan environmentnya sendiri, sehingga resources pembaca tidak akan berdampak pada aplikasi lain.

Software as a Service (SaaS)

SaaS adalah model layanan dimana pelanggan cloud menggunakan aplikasi yang sudah disediakan dalam cloud. SaaS adalah bentuk cloud yang paling umum digunakan saat ini.

Beberapa contoh layanan SaaS:

Box


Layanan komputasi awan ini dapat diakses melalui box.com. Didalamnya terdapat sejumlah fitur yang dapat bermanfaat untuk digunakan para pebisnis, industri dan personal. Untuk digunakan dalam sektor bisnis, layanan ini menawarkan sejumlah fitur seperti Enterprise Security, Secure File sharing, Policy & Workflow Management, IT & Admin Controls, Online Colaboration dan tentunya File Synchronization. Sementara untuk digunakan para pelaku industri, Box memiliki beberapa fitur yang fleksible, menyesuaikan dengan bidang perusahaan, baik itu sektor periklanan, rumah sakit, konstruksi, industri makanan, media, entertainment, pemerintahan dan retail.

Sedangkan untuk personal, layanan ini dapat diakses secara gratis dan memiliki beberapa fitur standar, seperti mobile access, file sync, dan online collaboration. Untuk menikmatinya, Anda harus mendaftarkan akun melalui situs Box kemudian mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Dengan batas ukuran file 100 MB, aplikasi ini pun menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 25 GB yang dihargai $9.99.

Fujitsu


Fujitsu Cloud adalah sebuah layanan infrastruktur cloud berbasis pada paduan unik antara kemampuannya dalam menyelenggarakan solusi terkelola berbasis cloud yang lengkap dengan multi integrasi cloud, memiliki pengalaman yang kaya, serta andal dan terpercaya dalam bidang IT, serta pendekatan kolaboratif yang mampu menjamin perusahaan dalam meraih hasil dan gol tertentu yang hendak dicapai dari program cloud yang mereka selenggarakan.

Fujitsu Cloud menawarkan beragam keunggulan, seperti agility, kecepatan, serta penghematan biaya yang nyata, yang kini telah menjadi strandar kami dalam setiap model delivery IT yang kami suguhkan dalam rangka mendukung suksesnya proses transformasi digital di perusahaan masa kini. Dari sudut pandang Fujitsu, kami melihat bahwa cloud merupakan ruh dan berperan penting dalam merealisasikan visi kami yakni mewujudkan Human-Centric Intelligent Society di mana inovasi bisnis dan sosial terwujud berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang cerdas, bijak dan tepat.

Zoho Office Suite


Zoho Office Suite adalah berbasis web online office suite yang mengandung pengolahan data, spreadsheet, presentasi, datasbase, writer, pencarian data , customer relationship management (CRM), manajemen proyek , faktur dan aplikasi lainnya yang dikembangkan oleh Zoho. Zoho didirikan resmi oleh AdventNet Inc AS. Zoho diluncurkan pada tahun 2005 dengan pengolah kata berbasis-web. produk tambahan, seperti spreadsheet dan presentasi, kemudian dimasukkan ke dalam Zoho.

Aplikasi Zoho merupakan contoh Software Sebagai Service (SaaS) atau Cloud Computing aplikasi, dimana utilitas perangkat lunak yang di-host pada server remote bukan pada komputer pribadi. Pengguna mengakses utilitas melalui web browser . aplikasi Zoho bebas untuk menggunakan pada tingkat-entry dan membutuhkan biaya untuk penggunaan yang lebih luas atau profesional. Zoho menggunakan Application Programming Interface terbuka untuk produk Writer, Sheet, Show, Pencipta, Rapat, dan Planner. Ia juga memiliki plugin ke dalam Microsoft Word , Microsoft Excel , sebuahOpenOffice.org plugin, dan sebuah plugin untuk Firefox .

Berikut fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan dalam aplikasi ZOHO OFFICE SUITE : Zoho Writer, Zoho Sheet, Zoho Presentation, Zoho Proyek, Zoho CRM, Zoho Faktur, Zoho Creator, dsb.


REFERENSI
Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW