-->

Merubah Hak Akses Private Google Drive Menjadi Public

Merubah Hak Akses Private Google Drive Menjadi Public

Merubah Hak Akses Private Google Drive Menjadi Public - Artikel kali ini seputar tips merubah status file google drive dari private ke publik atau sebaliknya. Bermula saat membuat postingan blog tentang google drive, dimana saya juga melampirkan videonya yang saya upload di Google Drive. tetapi banyak komentar yang masuk bahwa mereka tidak dapat melihat video yang saya lampirkan, padahal saat saya buka sendiri jelas jelas videonya bisa saya lihat. Lalu saya mencoba membuka postingan tersebut pada halaman penyamaran pada browser. dan ternyata memang benar, video yang saya lampirkan tidak terlihat. Setelah saya cek lebih lanjut ternyata file tersebut memiliki (permission) hak akses private menggunakan email google yang berbeda dengan email google pada blog ini.
Sebelumnya, Apa itu Google Drive?
Google Drive adalah tempat aman untuk semua file Anda dan membuatnya mudah dijangkau dari ponsel cerdas, tablet, atau komputer mana pun.



Nah, setelah mengetahui masalahnya, maka yang diperlukan agar bisa diakses harus diubah menjadi hak akses publik sehingga dapat digunakan bersama-sama.

Tentunya ini akan memiliki dampak tersendiri bila kita ubah menjadi ke "publik", namun disini saya tidak menjabarkannya karena kita fokus terhadap bagaimana merubah status file google drive dari private ke publik.

Untuk, memulainya simak langkah demi langkah bagaimana melakukannya.

Pertama-tama login ke akun Google Drive anda. Lalu pilih file yang akan diubah status permissionnya (klik kanan pada file) dan pilih opsi "Bagikan..."




...Sejenak tampilan "memuat" tunggu saja beberapa saat.

akan tampil window seperti dibawah ini, lalu klik pada tulisan "Ubah ke siapa saja yang memiliki link". (lihat icon rantai link berwarna abu-abu menandakan file private).



Setelahnya.. lihat icon rantai link berwana biru terang yang menandakan file publik. Artinya file sudah bisa diakses oleh semua orang.

Akhiri, dengan mengklik Tombol "Selesai"



Dan lihat, perbedaan file private dan publik. Untuk file publik diwakili diakhir nama file dengan icon "logo human" dan yang tidak berarti file private.



Lalu bagaimana merubah file google drive dari publik ke private?

Caranya cukup mudah, yaitu sama seperti pada tahap awal klik kanan pada file yang akan diubah lalu pilih "Bagikan..."

Tampilannya akan seperti dibawah ini,.. lanjutkan dengan klik tautan "Siapa saja yang memiliki link" lalu ketuk "Dibatasi"



Akhiri dengan mengklik tombol "Selesai"... selesai.

Demikian tips singkat bagaimana merubah status file Google Drive dari private ke publik atau sebaliknya. Semoga bermanfaat.

Sumber : hanyapedia.com

Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW