-->

Cara mudah pindah data saat ganti handphone

Cara mudah pindah data saat ganti handphone


Banyak yang berpendapat bahwa sulit sekali memindahkan data dari handphone lama ke yang baru, tapi tidak begitu jika kamu menggunakan handphone Samsung. Samsung Smart Switch merupakan aplikasi yang dapat membantu kamu dengan mudahnya untuk mentransfer kontak, foto, musik, video, pesan, catatan, kalender dan banyak lagi ke hampir semua perangkat Samsung Galaxy.

Berikut ada cara sederhana untuk kamu bisa memindahkan data dan aplikasi kamu ke android Samsung yang baru.

1. Pindah Sesama Android

Terlebih dahulu download aplikasi Smart Switch Mobile di Google Play store dan pasang aplikasi di perangkat Galaxy baru kamu. Jika kamu mentransfer konten dari perangkat Android lain, kamu juga harus memasang aplikasi di perangkat lama.

Jika sudah mendownload aplikasi melalui smartphone lama, kamu bisa memilih memindahkan data melalui koneksi wifi atau dengan menggunakan kabel data yang kamu miliki. Jika kabel data kamu terbaru menggunakan type-C, kamu harus membutuhkan dongle tambahan untuk koneksi jika smartphone lama kamu menggunakan koneksi type-B.

Jika menggunakan koneksi wifi letakkan kedua perangkat berdekatan (dalam jarak 20 cm) lalu jalankan aplikasi ini di kedua perangkat. Kemudian, di perangkat lama pilih [Android Device], [Start], [Connect]. Hal ini akan mengirimkan data pribadi kamu yang tersimpan di perangkat lama ke perangkat baru yang terhubung. Pilih kontak, data, file atau aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke perangkat yang baru, proses pemindahan biasa memakan waktu 20-30 menit. Proses install aplikasi yang baru juga membutuhkan koneksi data, jadi pastikan kamu masih memiliki paket data atau terhubung ke wifi.

2. Memindahkan Menggunakan PC atau Laptop

Selain melakukan pemindahan data melalui aplikasi di smartphone, kamu juga bisa mendownload aplikasi Smart Switch melalui desktop. Kamu bisa mendownload aplikasi untuk desktop di tautan ini. Tapi jika kamu menggunakan perangkat Mac Book kamu bisa mengunduh aplikasinya di tautan ini.




Jalankan Smart Switch di komputer kamu dan sambungkan perangkat Samsung baru kamu menggunakan kabel USB. Smart Switch akan mengenali data di perangkat lama kamu dan mulai memindahkannya ke perangkat baru.

Kamu dapat dengan mudah menyinkronkan kontak dan jadwal antara perangkat dengan Windows Outlook atau Mac Address Book dan iCal. Dengan fitur cerdas ini, kamu juga bisa mengatur jadwal dengan mudah setiap saat, di mana saja.



3. Memindahkan Data dari iOS


Jika kamu pengguna iPhone sebelumnya, pastikan terlebih dahulu iOS versi kamu. Untuk melakukan pengecekannya silahkan masuk ke menu setting klik about, lalu cek versi iOS kamu sekarang. Kamu harus menyesuaikan versi iOS kamu dengan Smart switch versi terbaru, paling tidak aplikasi Smart Switch kamu harus versi V3.3.02-4 atau lebih.

Saat memindahkan data dari iOS, proses tersebut dilakukan melalui iCloud dengan menggunakan aplikasi.Jika kamu tidak memiliki account iCloud, kamu bisa melihat proses pemindahan data melalui PC atau Mac.

Untuk proses pemindahan melalui iCloud, pastikan kamu sudah melakukan backup data melalui iCloud. Pada perangkat iPhone kamu, masuk ke menu setting lalu pilih iCloud, lalu klik backup untuk menyimpan semua data kamu.

Jika posisi posisi back up dalam kondisi off, silahkan hidupkan terlebih dahulu lalu klik back up now. Proses penyimpanan tergantung dari seberapa besar data yang Anda simpan, prosesnya bisa memakan waktu 20-30 menit, tergantung dari koneksi internet.


Proses pemindahan melalui iOS bisa dilihat dalam proses berikut ini:




1. Tekan aplikasi Smart Switch di perangkat yang baru, lalu tekan WIRELESS



2. Pilih RECIEVE diperangkat yang baru



3. Pilih iOS saat menu keluar



4. Masukkan Apple ID kamu dan juga passwordnya



5. Pilih apa saja yang ingin kamu pindahkan



6. Kamu juga bisa memindahkan file lainnya


Jika kamu ingin memindahkan data dengan menggunakan kabel, caranya sangatlah mudah. Kamu bisa mengikuti langkahnya seperti berikut:




1. Pilih koneksi dengan menggunakan USB Cable



2. Pastikan kamu memiliki OTG adapter, sehingga kamu bisa menghubungkan perangkat iOS lama kamu ke Samsung.



3. Ketika muncul notifikasi di iOS pilih trust



4. Kemudian klik NEXT



5. Pilih data dan file apa saja yang ingin kamu transfer
6. Prosestransfer data sudah berjalan

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemindahan data dari handphone lama ke yang baru, kamu bisa melihat tautan berikut ini. Proses pemindahan data kini jauh lebih mudah, kini saatnya beralih ke Samsung Galaxy!

Catatan:
  • Jika kamu tidak memiliki konektor USB, buka Smart Switch Mobile di “Pengaturan" pada ponsel baru atau unduh Smart Switch untuk PC/Mac. Untuk transfer melalui kabel, perangkat yang digunakan harus perangkat Galaxy dengan Android™ 4.3 atau lebih baru, iOS 5 atau lebih baru, BlackBerry® 7 OS atau 10 OS atau lebih baru, dan Window Mobile OS8.1 atau OS 10 atau lebih baru. Perangkat lain tidak didukung untuk transfer melalui kabel dan harus menggunakan opsi transfer nirkabel Smart Switch, atau unduh program Smart Switch PC. Jika kamu tidak memiliki kabel USB dari ponsel lama atau konektor USB untuk transfer melalui kabel ke GS8, kamu dapat menggunakan pilihan nirkabel.
  • Jenis data yang dapat ditransfer dan konten tersedia yang ditransfer dari perangkat OS non-Android ke Galaxy dapat bervariasi, tergantung versi OS yang digunakan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan Hubungi BANTUAN Samsung
  • Jika mentransfer data dari iCloud atau cloud lainnya, diperlukan sambungan data.
  • Untuk menghindari gangguan pada aplikasi pesan teks saat mentransfer dari iOS, ubah pengaturan iMessage.
Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW