-->

RACODE GENERATOR TOOLS FOR DEVELOPMENT

RACODE GENERATOR TOOLS FOR DEVELOPMENT

ada yang bilang kalau racode itu adalah singkatan dari ” ora code” atau g perlu ngoding dalam bahasa jawa, ya boleh lah karna ada kemiripan dari segi fungsi tools ini. karna dari awal tools ini emang dibuat untuk meminimalkan proses coding yang umum dilakukan seperti pembuatan CRUD, proses Authentifikasi dan kawan kawan nya.

Racode sendiri adalah gabungan dari beberapa library yang pasti sering digunakan oleh developer, kelima library tersebut mewakili proses yang wajib ada didalam sebuah sistem yang dibangun, saya akan jelaskan lebih lengkap ke 5 libray tersebut.

1.Framework Codeigniter

Codeigniter adalah salah satu framework php yang populer di indonesia, saya sendiri sudah jatuh cinta dengan framework ini sejak 3 tahun yang lalu dan sampai saat ini masih sering menggunakan framework ini untuk project yang saya garap.

2. CRUD Generator By Harviacode

Proses ini adlaah proses yang pastinya akan anda lewati ketika membangun sebuah sistem, terutama untuk pengolahan data master. nah kita harus berterima kasih kepada mas Hari Prasetyo yang telah membuat Tools CRUD generator yang berjalan framework codeigniter. informasi lengkap mengenai tools ini bisa anda dapatkan melalui situs harviacode.com.

3.Ion Auth Library

Ini adalah salah satu library codeigniter yang paling populer bagi developer yang menggunakan framework codeigniter. tugasnya adalah mengatur semua proses yang berhubungan dengan Authentifikasi. informasi lengkap tentang library ini bisa anda dapatkan disini.

4.AdminLTE template

Siapa yang g kenal dengan template ini? , AdminLTE sudah mendapatkan julukan template sejuta umat yang digunakan untuk keperluan tampilan bagian administrator dari sebuah sistem. saya memodifikasi template ini agar bisa terintegrasi dengan harviacode generator tadi.

5. Menu Management

Selain memodifikasi template AdminLTE, hal lain yang saya lakukan adalah menambahkan sebuah modul untuk mengelola menu yang ada disebelah kiri sehingga menjadi dinamis, anda bisa menambah atau menghapus menu tanpa perlu ber urusan dengan coding.

Kesimpulan : saya hanya menggabungkan ke 4 library di atas menjadi 1 kesatuan dan memodifikasi agar semunya bisa saling terintegrasi agar bisa digunakan. ucapan terima kasih saya ucapkan kepada pembuat library libray tersebut karna telah membuat code yang membantu kita dalam proses development.

Penutup : Demo Penggunaan Racode

Sebagai penutup saya tambahkan demo cara konfigurasi dan penggunaan racode ini bagi anda yang tertarik untuk menggunakan nya. silahkan share informasi ini kepada yang lain.
Sumber : https://belajarphp.net (Nuris Akbar)
Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW