-->

Desain Ambigram

Desain Ambigram


Jika kalian mencari ide logo atau tipografi yang menarik, sekarang saatnya kalian bisa mencoba dengan jenis ambigram.
Kata "adventure" dirancang sebagai ambigram.

Apa itu ambigram?

Ambigram adalah kata atau desain yang memiliki makna yang sama jika dilihat dari arah atau perspektif yang berbeda. Secara khusus, ambigram rotasi membaca hal yang sama saat dilihat terbalik, sedangkan ambigram cermin atau bilateral adalah salah satu yang membaca mundur dan maju yang sama.

Jenis lain dari kata ambigram adalah kata yang mengambil pesan baru saat diputar. Beberapa desain ambigram telah menjadi budaya populer. Satu desain membaca "cinta" jika dilihat dari satu sisi, dan "kehidupan" jika dilihat dari sisi lain. Yang lain mengatakan "santo" dan "orang berdosa".
Sebuah ambigram dari kata "June."

Cara membuat ambigram

Ambigram yang sukses adalah ambigram yang memenuhi dua kriteria. Pertama, harus terbaca. Jika pesan hilang atau sulit dipahami, ambigram Anda tidak berfungsi. Kedua, perlu ada alasan di baliknya. Mengapa Anda membuat ambigram ini, dan pesan apa yang Anda sampaikan? Ambigram kehidupan dan cinta bekerja karena dualitas yang ditangkapnya.

Membuat ambigram adalah tentang keluar dari zona nyaman Anda sebagai desainer untuk memecahkan teka-teki visual. Meskipun ini bisa menjadi proyek desain yang luar biasa, hanya perlu beberapa langkah untuk memulai.
Membuat ambigram melalui penggunaan ruang dan warna

1. Mulailah dengan mengidentifikasi pesan Anda.

Apa yang akan dikatakan ambigram Anda? Apakah itu frasa atau kata sederhana, pahami batasan ambigram. Beberapa huruf tidak dapat diubah menjadi huruf lain, dan kata-kata pendek secara ajaib tidak dapat menjadi kalimat yang panjang jika dibalik.

2. Teliti font dan ikonografi yang berbeda.

“Dengan melihat motif dan gaya desain dari budaya yang berbeda, Anda dapat membangun kerangka acuan Anda,” jelas seniman dan desainer Arnold Pander. Memahami perkembangan dan serif yang digunakan dalam font abad pertengahan atau gotik dapat memberi Anda lebih banyak alat untuk digunakan saat mendesain dan mengubah huruf untuk desain ambigram Anda. Jika Anda membutuhkan tempat untuk memulai, coba jelajahi Adobe Fonts - Anda mungkin menemukan inspirasi yang Anda cari.

3. Mulai membuat sketsa.

Ambigram adalah teka-teki kata, jadi perluas pikiran Anda dengan membuat sketsa kata-kata Anda beberapa kali. Lihat di mana huruf-huruf itu berbaris dan bereksperimenlah dengan bentuk. "Ada banyak lapisan pada ambigram yang membuatnya berhasil, tetapi jika tidak berhasil, itu sangat jelas," menurut seniman huruf Robin Casey. Kerning dan spasi huruf bervariasi bergantung pada cara pembacaannya, jadi ingatlah hal itu saat membuat sketsa bentuk Anda. Ambigram pada dasarnya sulit untuk dirancang - jangan putus asa dengan draf pertama Anda. Jika desain tidak berfungsi, coba lihat font lain atau alihkan ke huruf kapital semua.

4. Sempurnakan desain Anda.

Saat Anda memiliki desain yang berfungsi, formalisasikan dengan Adobe Illustrator. Jika Anda telah membuat sketsa di atas kertas, pindai atau foto desain Anda dan buat versi vektornya. Biasakan diri Anda dengan cara memutar dan merefleksikan objek di Illustrator sehingga Anda dapat membalik dan menyelesaikan huruf Anda. Selain itu, ikuti tutorial logo ini untuk mempelajari cara memoles desain apa pun, termasuk ambigram Anda.

Menjelajahi seluk beluk ambigram.

Ambigram pertama kali dirujuk oleh Douglas R. Hofstadter, yang menggambarkannya sebagai desain kaligrafi yang berhasil memeras dalam dua bacaan berbeda. Mereka sejak itu menjadi terkenal dalam budaya populer oleh penulis Dan Brown dalam novel dan artisnya John Langdon. Gaya desain ditampilkan dalam plot The Da Vinci Code Brown, dan salah satunya menghiasi sampul bukunya Angels & Demons. Faktanya, Brown menamai karakter utamanya setelah artis Langdon, yang membantu perkembangan desain ambigram. Di luar sampul buku populer, Anda akan paling sering melihat ambigram sebagai desain logo atau tato.
"[Ambigram] adalah tempat logo dan desain grafis menjadi bentuk seni yang nyata, karena Anda harus memutarbalikkan pikiran dan melanggar atau membengkokkan aturan."
Pander menyebut ambigram sebagai palindrom pencitraan merek, "di mana logo dan desain grafis menjadi bentuk seni yang nyata, karena Anda harus memutarbalikkan pikiran dan melanggar atau membengkokkan aturan agar berhasil." Merek mungkin menginginkan logo ambigram karena dapat menyembunyikan makna sekunder atau menyampaikan pesan di luar nama merek yang sederhana. Logo Ambigram juga mudah diingat dan dapat membantu perusahaan menonjol dari pesaing mereka.

Sebagai ilusi optik, ambigram adalah desain tato yang populer. Jika Anda mencari inspirasi untuk tato ambigram Anda, jangan takut untuk merujuk generator ambigram seperti FlipScript.com. Program-program ini dapat menginspirasi kombinasi huruf baru atau membantu Anda memecahkan masalah desain yang muncul saat memutar atau membalik huruf.

Sekarang Anda siap mencoba desain ambigram Anda sendiri. Membuatnya bermakna dan terbaca membuat semua perbedaan di dunia. Butuh lebih banyak inspirasi sebelum Anda
Share This :
Milkul Musowwir L

Assalamulaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah Saya ucapkan kepada Allah dan Solawat Beserta salam kepada Nabi Muhammad SAW